11 August 2022

PUSTIKOM UNIGO

PUSTIKOM Universitas Gorontalo

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kampus, UG Upgrade Siakad ke ‘Siakad Cloud’

DAILYPOST.ID, Kampus – Universitas Gorontalo (UG) menggelar Bimtek Sistem Informasi Terintegrasi Siakad Cloud di Auditorium UG. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 17-18 Maret dan diikuti oleh seluruh Civitas Akademik Universitas Gorontalo.

Wakil Rektor 1 UG, Dr. Julie Abdullah SE,.S.Ak,.M.Ak,.CA mengatakan kegiatan ini merupakan upaya Universitas Gorontalo untuk mulai berbenah memperbaiki performa website yang lebih baik. Dimana Siakad Cloud merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Sevima.

“Berbenah di sini bukan berarti belum selesai, artinya dengan adanya kenormalan baru dari covid-19 secara otomatis kita berfikir keras tentang proses akademik dan keuangan, untuk mengikuti jaman,” ujar Julie.

Dirinya mengaku, pihak universitas mulai berfikir keras dalam menghadapi tatanan baru dalam situasi pandemi Covid-19. Mulai dari proses perkuliahan maupun memberikan pelayanan yang berkualitas.

“Hal-hal seperti itu yang menjadi pertimbangan kita untuk menuju ke sistem akademik yang lebih baik lagi untuk mengantisipasi seluruh pelayanan dengan kualitas terbaik,” imbuhnya.

Menurutnya, saat ini, kualitas Universitas tidak lagi dilihat dari kuantitas mahasiswanya akan tetapi mulai dilihat dari segi pengelolaan data yang terintegrasi.

“Kita sudah tidak bisa melihat kualitas perguruan tinggi itu dari segi besar atau kecil, banyak atau sedikitnya mahasiswa. Sekarang yang harus kita lihat kedepan adalah masalah pengelolaan data secara terintegrasi kemudian pengelolaan data secara online itu harus diperbaiki dan lebih diprioritaskan, karena pengelolaan data ini biasanya kompleks,” jelas Warek.

Pengelolaan data inilah yang menurut Warek akan berubah secara terus menerus seiring berjalannya waktu.

“Dan setelah kami sepakati, pimpinan universitas maupun yayasan bersepakat untuk merubah siakad kemarin menjadi Siakad Cloud yang bekerjasama dengan Sevima selaku pengembang aplikasi akademik dan keuangan,” tuturnya

Warek berharap, kegiatan Bimtek ini benar-benar diikuti oleh seluruh Civitas Akademik Universitas Gorontalo dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja.

“Implentasi akademik ini penerapannya harus diterapkan di semester baru, dan akan dilaksanakan uji cobanya di semester berikutnya,” pungkas Julie. (Daily16/Firdawati)

( By Vita Pakai Link Berita : https://dailypost.id/2021/03/tingkatkan-kualitas-pelayanan-kampus-ug-upgrade-siakad-ke-siakad-cloud/ )